HUBUNGI AKU DI 0818253301 atau 08567893775 Sang Guru Erotis: SELAMAT PAGI FAKULTAS PENCETAK GURU
BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 04 Januari 2010

SELAMAT PAGI FAKULTAS PENCETAK GURU

FKIP dan IKIP mulai unjuk gigi dengan membuat program spesialis, yakni profesi guru. Dengan melihat gelagat ini, ternyata selama ini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan/ atau Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan tidak memroduksi guru, tetapi menghasilkan ke-GURU-an dan Ilmu Pendidikan. 

Ke-GURU-an dengan guru memang berbeda. Makna harafiahnya adalah yang pertama menghasilkan 'seperti guru' sedangkan yang kedua hanya menghasilkan ilmu pendidikan, bukan praktiknya. Padahal, di lapangan ilmu pendidikan sama sekali tidak ada manfaatnya selain mengajari teori-teori bahwa mendidik itu begini ... begini .... begitu .... begitu keluar ya jadi pengangguran, bukan menjadi guru.

Kita semua harus menyadari benar bahwa program sertifikasi guru yang dilakukan oleh pemerintah melalui keputusan Mendiknas merupakan ironi atau sindiran bahwa yang selama ini dianggap guru, bekerja sebagai guru, atau menjabat sebagai guru hanyalah buruh di sektor pendidikan. Oleh karena itu, guru berada di  persimpangan: ? 

Pak Profesor di FKIP-UNS pun pernah menyampaikan hipotesis bahwa guru itu meliputi: 

(1) Guru karena keturunan, turun-temurun semuanya guru, jadi tidak boleh nyempal pakem;

(2) Guru karena satu-satunya pekerjaan yang dianggap ringan, sebab bisa disambi mengerjakan sawah, makelaran, berjualan, dan yang sejenisnya;

(3) Guru karena tidak ada pekerjaan lain;

(4) Guru tersesat, atau tersesat jadi guru; dan 

(5) Guru sejati dan sejatinya guru.


bersambung

0 komentar: